Content - Grand Final dan Malam Penganugerahan TMLEnergy Green Challenge

Dalam rangka memberikan wadah bagi generasi muda untuk menuangkan kreasi dan inovasinya serta sesuai dengan komitmen perusahaan dalam ikut berperan dalam menjaga lingkungan, maka TMLEnergy, perusahaan yang bergerak di bidang EPC Solar PV Energy System, mengadakan kegiatan yang diberi nama TMLEnergy Green Challenge.

 

TMLEnergy Green Challenge merupakan sebuah kompetisi yang diperuntukan generasi muda menilai inovasi-inovasi terbaik dalam 3 kategori , yaitu:

  • Terobosan produk untuk aplikasi listrik tenaga surya
  • Pengelolaan air dengan TSS (Total Suspended Solids) tinggi dan aplikasinya dalam skala besar
  • Pengelolaan lumpur sisa air tambang sehingga memiliki nilai tambah

Kompetisi ini diprakarsai oleh Bapak Daniel Suharya selaku Komisioner TMLEnergy, untuk melihat sejauh apa kreativitas yang ada publik di bidang lingkungan, namun tetap dapat diimplementasikan dalam skala industri.

 

Grand final dan malam penganugerahan kompetisi TMLEnergy Green Challenge diselenggarakan pada tanggal 10 Agustus 2018 Bertempat di Ballroom Hotel Aryaduta, Bandung, 12 tim finalis TMLEnergy Green Challenge mempresentasikan dan menunjukkan  ide serta inovasi mereka di hadapan dewan juri dan khalayak sebagai tahap penjurian final.

 

Rangkaian acara TMLEnergy Green Challenge telah dimulai sejak 11 November 2017, dengan melakukan launchingatau Pre-event diadakan pada acara ITB Insight di kampus Intitut Teknologi Bandung. Masa pendaftaran dibuka dari tanggal 20 November 2017 sampai dengan 15 februari 2018 dengan kepesertaan terbuka bagi umum baik dalam bentuk tim maupun individu.

 

Untuk menggalang minat di lingkungan Kampus,  dilakukan roadshow di beberapa Kampus di kota besar seperti Jakarta, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. Jumlah total 153 tim dan 700-an perorangan yang berpartisipasi dalam kompetisi. Untuk penilaian seluruh tim pendaftar diharuskan membuat video perkenalan group dan proposal ide kreatifnya. Penjurian awal dilakukan oleh tim internal TMLEnergy untuk menentukan finalis yang akan diundang pada penjurian final di Bandung.

 

Pada pelaksaan grand final, seluruh finalis diundang untuk melakukan presentasi di hadapan panel dewan juri. Adapun tim dewan juri yang diundang adalah Ibu Ir Maritje Hutapea (praktisi dan ahli di bidang energy terbarukan, eks Direktur Aneka Energi Baru dan terbarukan, Direktorat EBTKE, Kementrian ESDM) , Bapak Dr. Ir Andhika Prastawa, MSEE (Kepala Balai Besar Teknologi Konservasi Energi, BBPT), Bapak Surono SP, M. Agr, Ph.D (Peneliti Balai Penelitian Tanah, Balitbangtan Kementrian Pertanian), dan Bapak Dr. Ir Nanang Hariyanto MT (Dosen Teknik Tenaga Listrik, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, ITB).

 

Berdasarkan keputusan dewan juri, ditetapkan para pemenang untuk masing-masing kategori sebagai berikut:

  • Kategori Aplikasi Listrik Tenaga Surya:

Pemenang 1: Tim Desper (Universitas Diponegoro)

Pemenang 2: Tim Sunshine (ITB dan Universitas Negeri Malang)

  • Kategori Pengelolaan Air:

Pemenang 1: Tim Ganesha Arkanaka (ITB)

Pemenang 2: Tim Mikrohidro ITB (ITB)

  • Kategori Pengelolaan Lumpur:

Pemenang 1: Tim HALO (ITB)

Pemenang 2: Tim MRC (ITS)

 

Pemenang 1 untuk masing masing kategori berhak atas hadiah senilai Rp 100.000.000,- dan pemenang 2 masing-masing senilai Rp 50.000.000,-. Selain itu, ide dan inovasi masing-masing pemenang juga memiliki kesempatan untuk diimplementasikan secara kolaborasi dengan TMLEnergy dan stakeholder.

 

 

 

Melalui TMLEnergy Green Challenge harapannya selain dapat menjadi wadah kreativitas bagi generasi muda, juga untuk berperan menjaga lingkungan, dan sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum akan kondisi lingkungan sesuai dengan arah dan komitmen perusahaan untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, diharapkan melalui TMLEnergy Green Challenge , dapat menjadi sarana corporate branding image TMLEnergy kepada masyarakat dan menagkselarasi research dan development perusahaan di bidang teknologi terbarukan dan pengelolaan lingkungan.

 

We can make the world a BETTER place TOGETHER