Content - Energising Development (EnDev Indonesia) Bekerjasama dengan TMLEnergy untuk Peningkatan Akses Pelayanan Listrik Tenaga Surya

Bandung, 19 September 2016

Energising Development (EnDev) Indonesia membentuk kerjasama dengan TMLEnergy, salah satu perusahaan EPC di bidang teknologi listrik tenaga surya, dalam rangka meningkatkan aksesbilitas terhadap teknologi dan pelayanan perbaikan sektor listrik tenaga surya di Indonesia. Setelah bertahun-tahun menekuni bidang elektrifikasi pedesaan, EnDev Indonesia menemukan bahwa kurangnya akses terhadap pelayanan teknis merupakan hambatan utama dalam operasional sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia saat ini. Dengan menggabungkan pengalaman dan menyamakan misi di bidang energi terbarukan, kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan peran aktif stakeholder lokal di mana PLTS dibangun dalam operasional pemeliharaan PLTS dengan pemerataan pengetahuan dan kemampuan yang sudah ada.

Kerjasama disahkan melalui penandatangan Perjanjian Kerjasama (Memorandum of Cooperation/MOC) yang ditandatangani oleh Koordinator Program, Program Energi GIZ, Bapak Rudolf Rauch, dan Direktur Utama TMLEnergy, Ibu Nany Wardhani. Seremonial Penandatanganan diselenggarakan di kantor TMLEnergy, dihadari oleh tim dari TMLEnergy dan tim EnDev Indonesia yang dipimpin oleh Ibu Amalia Suryani. Kerjasama ini melingkupi beberapa kegiatan bersama termasuk observasi pasar pada wilayah yang dijadikan target, dan sharing sessiondengan topik diskusi operasional dan perbaikan PLTS komunal pada gelaran Indonesia EBTKE Conex 2017. Adapun sebagai pilot project, provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dipilih untuk memulai kerjasama ini dikarenakan bauran energi dari sumber terbarukan di provinsi ini cukup tinggi.

EnDev Indonesia merupakan hasil kerjasama Indonesia – Jerman yang diimplementasikan oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) dan  Gesellschaft Internationale fuer Zusammernabeit (GIZ) sejak 2012. EnDev Indonesia fokus pada topik akses energi menggunakan energi terbarukan di wilayah-wilayah yang belum memiliki sambungan listrik di Indonesia. TMLEnergy merupakan perusahaan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (engineering, procurement, and construction/EPC) dengan pengalaman lenih dari 6 tahun di bidang teknologi listrik tenaga surya dan telah mengerjakan ratusan proyek PLTS komunal yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan sumber pendanaan baik dari APBN/APBD maupun swasta.